Kecamatan

Desa Sukasari Punya PAM sendiri

 

LEBONG SELATAN – Kecamatan Lebong Selatan lebih mampu mengelola PAM sendiri, tanpa harus tergantung dari PDAM Tirta Tebo Emas. "Desa kami sudah punya instalasi PAM sendiri," kata Kades Sukasari, Lukker.
Dia mengemukakan, setelah bertahun-tahun warga desa tidak dapat menikmati fasilitas air bersih. Jangankan air bersih, instalasi PDAM saja tidak pernah melintas di areal Desa Sukasari selama ini. Tapi tahun ini dengan menggunakan dana ADD 2014, warga Desa Sukasari dapat merasakan kesegaran air bersih yang bersumber dari salah satu mata air yang ada di Desa Trans Mangkurajo. Dia menjelaskan, pembangunan instalasi air bersih ini terdiri dari satu bak penampungan air bersih dan pipa penghubung ke rumah-rumah sepanjang lebih kurang seratus lima puluh meter. Adapun dana yang digunakan untuk pembangunan instalasi air bersih desa yang bersumber dari ADD 2014 ini lebih kurang sekitar Rp 30 juta. "Nantinya setelah berjalan lebih kurang satu bulan, perangkat desa akan menerapkan biaya Pemakaian air kepada masing-masing Kepala Keluarga di desa Sukasari sebesar Rp. 10.000,-/Kepala Keluarga. Ini relative kecil jika dibandingkan dengan iuran PDAM yang kadang-kadang sampai ratusan ribu, tetapi kualitas airnya rendah," ucapnya.
Ditambahkan Lukker, penarikan iuran PAM tersebut dimaksudkan sebagai biaya pemeliharaan instalasi PAM yang sudah dibangun dari ADD 2014. Selain itu, iuran tersebut dipergunakan sebagai tambahan dana kas Desa Sukasari. "Selain dari pembangunan instalasi air bersih yang bersumber dari dana ADD 2014 pencairan tahap ketiga. Tahun ini Desa Sukasari juga akan melakukan perehaban jalan Puskesmas diwilayah Dusun III Desa Sukasari, dimana ditemukan sudah banyak bagian badan jalan yang memang sangat perlu untuk diperbaiki," tegasnya.

Pelayanan Daerah

Peta Lokasi

Twitter Followers

Facebook Fans